Minggu, 06 Juni 2010

Seni Rupa Murni yang Diciptakan di Daerah Setempat

Seni Rupa Murni yang Diciptakan di Daerah Setempat


Ungkapan gagasan atau perasaan yang diwujudkan melalui media titik,garis,bidang,bentuk,warna,tekstur,dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu dinamakan seni rupa.

Berdasarkan kegunaannya seni rupa dapat dikelompokan menjadi dua,yaitu : seni rupa murni dan seni rupa terapan.Dinamakan seni rupa murni sebab karya seni ini mengutamakan fungsi keindahan atau hanya untuk dinikmati nilai atau mutu seninya dengan indra penglihatan,selanjutnya dinamakan seni rupa terapan sebab karya seni rupa ini mengutamakan fungsi pakaian selain juga dinikmati mutu seninya .

Pada pertemuan ini kita hanya membahas masalah seni rupa murni.Contoh seni rupa seperti : seni,lukis,seni relief,seni patung atau pahat,seni ilustrasi .

Unsur-unsur karya seni rupa meliputi unsure titik,garis,bidang ruang,warna,tekstur, dan gelap terang .

TITIK
Titik merupakan unsur rupa yang paling sederhana.Setiap menyentuhkan pensil yang pertama kali pada kertas akan menghasilkan titik.Unsur titik akan tampak lebih berarti pada karya seni rupa apabila jumlahnya cukup banyak atau ukurannya diperbesar hingga menjadi titik .

GARIS
Garis merupakan unsur seni rupa yang terbuat dari rangkain titik yang terjalin memanjang menjadi satu. Ada empat macam garis yaitu garis lurus,garis lengkung,garis patah-patah,dan garis spiral atau garis pilin.

BIDANG
Bidang merupakan unsur rupa yang terjadi karena pertemuan dari beberapa garis.Bidang dapat dibedakan menjadi dua yaitu bidang geometris dan nongeometris.

WARNA
Warna adalah usur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat pewarna).Warna dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu kelompok warna primer ,skunder,dan tertier.
BENTUK
Unsur seni rupa yang terbentuk karena ruang atau volume.Macam-macam bentuk dalam seni rupa adalah bentuk kubistis,silindris,bola,limas,prisma,krucut (geometris) dan non geometris.

TEKSTUR
Permukaan suatu benda .secara visual,tekstur dapat dibedakan menjadi dua tekstur nyata dan tekstur semu.

GELAP TERANG
Keadaan suatu bidang yang dibedakan dengan warna tua untuk gelap dan warna muda untuk terang yang disebabkan oleh perbedaan warna atau Karena pengaruh cahaya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar