Minggu, 06 Juni 2010

KESUSASTRAAN

KESUSASTRAAN


Jenis-jenis karya sastra
Berdasarkan bentuknya,karya sastra terbagi atas prosa dan puisi.Prosa merupakan karangan bebas,tidak terikat oleh kaidah yang terdapat dalam puisi. Prosa bersifat menguraikan atau menjelaskan suatu masalah atau peristiwa.Dilihat dari luas sempitnya masalah yang diuraikan,prosa terdiri dari roman,novel,dan cerpen.Adapun puisi adalah bentuk karya sastra yang pendek dan singkat yang berisi ungkapan isi hati,pikiran,dan perasaan pengarang yang padat yang dituangkan dengan memanfaatkan segala daya bahasa secara pekat,kreatif,dan imajinasi. Secara singkat, puisi dapat dikatakan sebagai karangan yang singkat,padat,dan pekat (suroto, 1990)


Unsur-unsur karya sastra
Unsur-unsur karya sastra terbagi atas unsur-unsur intrinsic dan unsur-unsur ekstrinsik.unsur instrinsik adalah unsure dalam yang mempengaruhi terciptanya karya sastra,sedangkan unsure ekstrinsik adalah unsure luar yang turut serta terciptannya karya sastra tersebut.



Unsure-unsur intrinsic
Tema dan amanat
Plot (alur)
Perwatakan
Setting (latar)
Sudut pandang
Dialog
Pelambangan
Musikalisasi (rima,bunyi)
Diksi (pilihan kata)
Gaya bahasa








Unsure-unsur ekstrinsik
Latar belakang kehidupan,keyakinan,dan pandangan hidup pengarang
Adat-istiadat yang berlaku
Situasi politik
Persoalan sejarah
Masalah ekonomi
Agama



Keindahan bahasa puisi
Keindahan bahasa puisi merupakan aspek estetis karya sastra yang ditinjau dari medianya,yaitu bahasa.Puisi dibentuk dari unsure-unsur bahasa seperti bunyi,kata,frase,atau bentuk bahasa lainnya.Keindahan bahasa puisi misalnya terlihat pada musikalitas,diksi,atau majas yang terdapat pada puisi.Musikalisasi pada puisi meliputi rima dan bunyi.Diksi merupakan pilihan kata yang tepat,sedangkan majas merupakan plastic bahasa yang mampu mengungkapkan kesan isi yang mendalam.



Rima
Rima merupakan persamaan bunyi yang terdapat pada kata-kata dalam puisi.Persamaan bunyi tersebut dapat terjadi pada suku pertama,terakhir,semua suku,atau pada awal,tengah,atau akhir kalimat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar