Minggu, 06 Juni 2010

JENIS KARYA SENI TEATER

JENIS KARYA SENI TEATER

Menurut fungsinya karya seni teater mancanegara di Asia memiliki berbagai jenis,misalanya jenis teater,teater tragedi,dan melodrama.

Drama tragedi adalah drama yang pada akhir cerita tokohnya mengalami kedukaan.Romeo dan Juliet atau Roro Mendut dan Pronocitro
Pada hakikatnya adalah drama tragedi.Drama jenis ini mengajak manusia untuk merenungkan hakikat kehidupan di pandang dari sisi yang menyedihkan karena kehidupan pada prinsipnya selalu kalah.

Drama komedi adalah drama yang menyenangkan.Drama ini biasanya berisi cerita-cerita lucu yang terbangun dalam alur.Tokoh penting dalam drama komedi dunia adalah moliere.

Melodrama sering disebut drama melodis.ciri-cirinya adalah lakon serius tetapi pelakunya tidak otentik seperti dalam tragedi terdapat unsur-unsur perubahan mencerminkan timbulnya rasa kasihan yang sentimental dan tokoh utamanya adalah pahlawan yang biasanya meninggal dalam perjuangan .

GAGASAN CERITA
Ide atau gagasan dasar untuk menyusun cerita dapat melalui imajenasi,pemikiran,dan pengalaman seseorang.Bayak sastrawan atau seniman peran yang membuat cerita baru berdasarkan pengamatan langsung tentang kejadian di sekelilingnya.Atau bisa pula di dapatdari cerita atau legenda yang sudah ada,kemudian dikembangkan dalam bentuk pementasan yang baru melalui alur cerita yang berbeda tanpa mengubah isi cerita.

MENYUSUN NASKAH
Dalam pementasan drama/teater,naskah sangat dibutuhkan untuk menghafal dialog dan mengatur pemain pada bagian mana harus naik ke atas pentas.Tanpa naskah kesalahna yang terjadi di atas pentas akan sangat banyak dan hal ini akan mengurangi kelancaran pementasan .oleh karena itu semua pameran dituntut untuk hafal dialognya masing-masing.

STRUKTUR DRAMATIK NAKAH
Struktur Dramatik membuat naskah berdasarkan alur cerita .Dimulai dari munculnya awal permasalahan dan diakhiri dengan penyelesaian .Bisa juga berisikan konflik,peleraian,konflik yang sangat hebat,sampai klimaks dan selesai dengan pesan yang diserahkan kepada penonton untuk dipikirkan.

Struktur dramatic dapat digambarkan dengan menggunakan kerucut tunggal atau kerucut ganda.Untuk pementasan sekarang ini sering menggunakan kerucut ganda sehingga kesannya drama yang penuh konflik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar